Pages

AKAR



Akar adalah merupakan bagian tumbuh tumbuhan yang berda didalam tanah.


Fungsi Akar :
1.      Untuk menyerap air dan garam – garam mineral (zat – zat hara) dari dalam tanah
2.      Untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya
3.      Mengangkut air dan zat – zat makanan yang sudah diserap ke tempat – tempat pada tubuh tumbuhan yang memerlukan santo
4.      Pada beberapa macam tumbuhan ada yang berfungsi sebagai alat respirasi, misalnya tumbuhan bakau.
5.      Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang berguna sebagai tempat menyimpan cadangan makanan atau sebagai alat reproduksi vegetative. Misalnya wortel yang memiliki akar tunggang yang membesar, berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Pada tumbuhan sukun, dari bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Bagian – bagian pada akar :
1.      Leher akar, yaitu bagian akar tempat batang melekat
2.      Akar lateral, yaitu cabang – cabang akar yang dihasilkan oleh akar utama, dan masih dapat bercabang – cabang lagi.
3.      Serabut akar, adalah cabang akar yang ramping seperti serabut.
4.      Rambut akar, yaitu rambut – rambut di dekat ujung akar, yang memperluas permukaan yang menyerap air dan garam tanah
5.      Tudung akar (calyptra), yang terdapat di bagian paling ujung, menutupmeristem apeks akar
6.      Selundang akar, terdapat pada embrio sejumlah tumbuhan monokotil


Jenis – jenis Akar :

1.      Akar Udara atau Akar Gantung (Radix Aereus)
Jenis akar ini keluar dari bagian tumbuhan diatas tanah, menggantung dana rah tumbuh menuju tanah. Akar ini berfungsi untuk menyerap air dan gas dari udara (bernafas). Pada akar dapat ditemukan velamen, sel khusus untuk menyimpan air atau udara. Jika pertumbuhan akar ini sudah mencapai dan masuk ke dalam tanah, akar ini akan berfungsi untuk menyerap air dan mineral, Contoh : anggrek (Arahnis) dan beringin (Ficus berjamina)

2.      Akar Penghisap (Haustorium)
Ditemukan pada tumbuhan yang hidup sebagai parasite. Berfungsi untuk menyerap air, mineral, dan zat makanan. Contoh : benalu dan endak – endak cacing.

3.      Akar Pelekat (Radix Adligansi)
Akar ini tumbuh dari ruas atau buku – buku batang, berfungsi membantu tumbuhan memanjat untuk menempel pada penunjangannya. Contoh : sirih (Piper betle)

4.      Akar Pembelit (Cirrhus Radicalis)
Berfungsi untuk membelit penunjang dari tumbuhan meranjat, contoh : panili (Vanilla Planfolia)
5.      Akar Nafas (Pneumatophora)
Merupakan cabang – cabang akar yang tumbuh tegak lurus ke atas yang dapat terlihat dari permukaan dari permukaan atau air tempat tumbuhan tumbuh. Akar ini memiliki banyak celah (Pneumathoda) yang berfungsi sebagai jalan masuknya udara yang diperlukan dalam pernafasan. Biasanya dimiliki pada tumbuhan yang hidup dengan kadar oksigen yang rendah. Contoh : bogem (Sonneratia sp) dan kayu api (Avicennia sp)
6.      Akar Tunjang
Merupakan akar tumbuhan yang tumbuh membengkok ke atas kemudian membengkot lagi masuk kedalam tanah. Berfungsi untuk membantu pernafasan, contoh pohon tanjang (Bruguiera parviolia)
7.      Akar Lutut
Akar yang berbentuk seperti papan yang dimiringkan untuk menopang batang pohon yang besar. Contoh : sukun (Artocarpus communis), kenari (Canarium Commune).


Demikian sekilas pembahasan tentang akar tumbuhan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua….amin!

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.