RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
STRUKTUR
ATOM – 2
(KONFIGURASI
ELEKTRON DAN SISTEM PERIODIK UNSUR)
Nama Sekolah : SMAN.......
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas /
Semester : XI IPA/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
struktur atom untuk meramalkan sifat
– sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat – sifat senyawa.
Kompetensi
dasar : 2. Menjelaskan
teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi electron dan
diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam table periodik.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1.
Menggunakan
azas larangan Pauli, prinsip Aufbau, dan aturan Hund untuk menuliskan
konfigurasi electron dan diagram orbital.
2.
Menghubungkan
konfigurasi electron suatu unsur dengan letaknya dalam tabel periodic.
Tujuan
:
Peserta
didik dapat,
1.
Menuliskan
konfigurasi electron menurut teori atom mekanika kuantum
2.
Menuliskan
diagram orbital
3.
Menentukan
letak unsur dalam system periodik berdasarkan konfigurasi elektronna atau
sebaliknya.
-
Karakter siswa
diharapkan :
Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung jawab, Peduli lingkungan.
-
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
Materi
Ajar :
Konfigurasi
electron menurut teori atom mekanika kuantum
Hubungan
konfigurasi electron dengan sistim periodic
Metode
Pendekatan :
-
Penyampaian
informasi
-
Diskusi
-
Penugasan
Alokasi
Waktu
2
Jam pelajaran (1 x pertemuan)
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
-
Memahami
struktur aton dan meramalkan sifat – sifat periodik unsur, struktur molekul
dan sifat – sifat senyawa.
|
-
Berlatih
menentukan penulisan konfigurasi electron dan letak unsur dalam tabel
periodik.
|
-
Siswa dapat
Menjelaskan teori atom bohrn dan mekanika kuantum untuk menuliskan
konfigurasi electron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam
tabel periodik.
|
Skenario
Pembelajaran (2 jam pelajaran)
Kegiatan
awal (5 menit)
-
Salam pembuka
-
Memeriksa PR,
mencatat siswa yang tidak mengerjakan
Kegiatan
Inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatanekplorasi, guru :
-
Membahas
konfigurasi electron sesuai dengan LKS 1.5. (nilai yang ditanamkan : Jujur,
Kerja Keras, Toleransi Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan ekplorasi, guru :
-
Membahas
hubungan konfigurasi electron dengan system periodic sesuai dengan LKS 1.6 (nilai
yang ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa :
-
Menyimpulkan
tentang hal – hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan : Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi).
-
Menjelaskan
tentang hal – hal yang belum diketahui, (nilai yang ditanamkan : Jujur,
Kerja Keras, Toleransi Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan).
Kegiatan
Akhir (10 Menit)
-
Menyimpulkan
aturan – aturan penulisan konfigurasi electron (nilai yang ditanamkan : Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan).
-
Menyimpulkan
hubungan konfigurasi electron dengan system periodik. (nilai yang
ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan);
-
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.7 dan 1.8). (nilai yang
ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan);
Alat
/ Bahan / Sumber Belajar :
Buku
Kimia, LKS, multimedia
Penilian
:
A.
Teknik : Tugas Individu, Kuis, Ulangan Harian
B.
Bentuk
Instrumen : Uraian singkat
C.
Contoh Bentuk
Instrumen
1.
Tentukan
periode dan golongan dari unsur berikut !
a.
X : IS2
2S2 2p6 3S1
b.
Y : IS2
2S2 2p6 3S2 3p4
c.
Z : [Kr] 4S2
3d5
2.
Diketahui nomor
atom unsur X = 27
Tentukanlah
:
a.
Konfigurasi
electron
b.
Bilangan
kuantum
Mengetahui
Kepala
SMAN
..............................................
NIP . .....................................
|
Jakarta, September 2012
Guru
Mata Pelajaran
................................................
NIP. ......................................
|
No comments:
Post a Comment